Warung Somay & Batagor Pak Iskandar Colomadu Karanganyar

BAGI yang senang berburu kuliner di Kota karanganya rjangan lewatkan untuk jajan batagor. Tak sulit menemukan penjual batagor di kota ini . Mulai dari batagor khas jajanan anak sekolah hingga kelas premium.Batagor adalah akronim dari bakso tahu goreng. Bakso tahu terdiri atas banyak jenis termasuk pare, kentang, hingga telur. Namun jenis utamanya adalah siomay dan tahu. Ciri utama bakso tahu adalah adonan tepung tapioka yang dicampur dengan ikan (umumnya tenggiri) dan kemudian dikukus.

Di sebelah timur lampu merah di perempatan Colomadu, Karanganyar, dapat dijumpai gerobak sederhana bertuliskan Batagor dan Somay Bandung. Sesuai label nama itu,  penjual batagor dan siomay itu memang berasal dari Bandung.Sama seperti siomay pada umumnya, sepiring siomay lengkap yang dijualberisi siomay kenyal dengan aroma ikan, kentang rebus, kubis yang digulung, tahu putih, pare dan telur rebus yang

kemudian disiram dengan bumbu kacang kental dan perasan jeruk nipis.Sedangkan untuk batagor, menjelaskan kudapan itu merupakan tahu yang diisi dengan adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan dibalut dengan tepung tapioka kemudian digoreng sampai kering. Penyajiannya sama seperti siomay dengan siraman bumbu kacang kental dan kecap manis.Satu porsi batagor dan siomay masing-masing dijualnya dengan harga Rp7.500. Bagi pembeli yang ingin makan di tempat sambil menikmati suasana keramaian malam perempatan Colomadu, Iskandar menyediakan beberapa lembar tikar sebagai alas duduk.Untuk menikmati siomay dan batagor, pembeli dapat datang ke sana pada pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Source gayungjamban.wordpress.com/
Comments
Loading...