Wingko babat Oleh-oleh Khas Sukoharjo Jawa Tengah

Wingko babat

Oleh oleh Khas Sukoharjo, Jawa Tengah yang banyak diburu warga saat akan balik ke kota tujuan selepas mudik lebaran adalah sejumlah makanan seperti Wingko Babat, Jenang Lot ataua Kracikan serta Prool dan banyak lagi kuliner khas lainnya.Di desa Randusari, Kecamatan Joho,  Sukoharjo, perajin Wingko Babat oleh oleh khas berbahan dasar ketan dan gula kelapa ini tampak sibuk mengaduk olahan dalam wajan besar untuk memenuhi pesanan banyak warga yang hendak balik membawa oleh-oleh khas Sukoharjo ini.Wingko Babat  yang dibuat para penggiat Industri rumah tangga tersebut seluruh proses pembuatanya masih menggunakan cara-cara tradisonal sama sekali belum tersentuh peralatan modern  sehiangga cita rasa dan multunya tetap terjaga.

dak hanya Wingko Babat,  banyak makanan khas lain yang juga dibuat  pengrajin industry rumahan seperti  Jenang Lot dan Prol, semuanya sama menggunakan kekuatan tangan manusia tanpa bantuan mesin produksi.Dtempat produksi oleh-oleh khas Sukoharjo tersebut hampir setiap liburan terutama libur Lebaran eperti saat ini, tidak pernah sepi dari pengunjung yang membeli oleh oleh sambal meihat proses produksi disentra sentra kerajinan makanan olahan milik warga setempat.Kardi salah satu karyawan industri rumahan tersebut mengaku dirinya harus kerja ekstra seiring dengan tingginya jumlah pesanan yang datang dirumah produksi olahan tempatnya bekerja.

“Naiknya cukup besar jika dibanding pada tahun lalu, pesanan terus meningkat karena beberapa pemudik yang sudah bersilaturahmi dan berlibur di Sukoharjo akan kembali ke daerah perantauan. Mereka selalu membeli oleh-oleh ini dan bayak juga yang membeli untuk keperluan hajatan pernikahan setelah hari raya idul fitri ini,”Ungkap Kardi saat Menurut Kardi permintaan pembuatan wingko babat saja sehari bisa mencapai 10 wajan dengan kapasitas setiap satu wajan dapat mengolah hingga 12 Kg bahan baku. “Bisa tidak berhenti terus membuat olahan untuk memenuhi pesanan,”Ucapnya.Selain pembeli datang dari sekitar Sukoharjo, juga banyak pembeli yang datang berasal dari luar daerah seperti Surabaya dan Jakarta. “Mereka telah memsan jauh-jauh hari. Disini untuk pemesanan harus dilakukan minimal dua  hari sebelumnya,”Imbuh Kardi.

Sri Mulyani salah seorang  pembeli yang langsung datang ke tempat pembuatan mengaku sudah terbiasa membeli dan memsan oleh oleh untuk anaknya yang akan mudik ke Jakarta. “ini tinggal ngambil saja karena udah dipesan sebelumnya,”Ujarnya.Sri mengaku mebeli wingko dan oleh-oleh khas dari sini karena harganya masih sangat terjangkau dengan cita rasa yang sangat khas.”Ini masih murah harganya dan kualitasnya juga bagus ini,”sebutnya.Untuk Jenang Lot dan racikan satu box  lanjut Sri dirinya hanya mengeluarkan uang Rp 65.000,- saja,  sedangkan Wingko Babat dan Prol untuk satu Box dibandrol dengan harga Rp. 70.000,-Nah untuk anda yang juga tertarik membeli oleh oleh khas Sukoharjo ini dipersilahkan datang ke Desa Randusari di kecamatan Joho, Sukoharjo, Jawa Tengah.***Agung Bramantya

Source /www.cakrawala.co
Comments
Loading...