Binte Biluhuta Khas Sulawesi Tengah

Binte Biluhuta merupakan kuliner yang berbahan utama jagung muda. Dalam bahasa Indonesia Binte yang artinya jagung dan masyarakat sulawesi tengah sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram atau sup jagung.

Pada milu siram terdapat beberapa campuran bahan makanan, selain jagung ada juga ikan dan udang yang sudah diolah. Umumnya milu siram memiliki rasa manis, pedas, dan asin, namun kini seiring berjalannya waktu milu siram berkembang dengan dibuktikannya berbagai macam varian rasa yang pastinya dapat menggoyang lidah. Tidak hanya itu milu siram juga di percaya mampu mengancurkan kolesterol jahat pada tubuh manusia, kenapa karena pada jangung itu sendiri kaya akan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Pada dasarnya Binte di Gorontalo dan di Sulawesi Tengah mempunyai kesamaan, perbedaannya hanya terletak pada bahan jagungnya. Di Kota Palu, ibu kota Propinsi Sulawesi Tengah, binte mengalami sedikit modifikasi, terutama dari bahan dasarnya yang mulanya dari jagung biasa menjadi jagung pulut atau ketan manis (Zea mays Ceratina). Binte jagung ketan manis banyak dijajakan di warung-warung yang berada di Kota Palu. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 17.000 per porsi.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Binte Biluhuta
Comments
Loading...