Wisata Kuliner Nasi Bogana Citarasa Lezat Khas Kota Tegal

Tegal tidak hanya terkenal dengan wartegnya. Kota di pesisir utara Jawa ini juga punya nasi bogana yang tak kalah kondang. Nasi Bogana adalah kuliner sejenis Nasi Megono.

Makanan ini kombinasi antara nasi gurih, ayam kari suwir, oseng-oseng kacang panjang, telur pindang, srundeng sapi, sambal goreng hati ampela, dan irisan tahu-tempe bacem atau dengan lauk kari atau opor ayam, srundeng, opor ayam, dendengm oseng tempe, oseng buncis, dan  tentu saja cabai merah yang diiris. Akan terasa lebih nikmat disantap jika ditambah sambal bawang. Nasi gurihnya tidak terlalu gurih. Rasanya cukupan dan tidak bikin perut enek. Disajikan dalam bungkusan daun pisang, porsinya terasa pas.

Nasi langgi juga disediakan di warung makan ini. Meski aslinya dari daerah Semarang, tapi tetap saja ada perbedaan, terutama pada lauknya. Di Tegal lauknya berupa tempe kering dan kacang tanah, gesek (ikan asin) goreng, udang, telur dadar yang diiris tipis plus lalapan kemangi dan timun. Sedangkan di Semarang ditambah dengan empal.

Ada juga yang disebut dengan nasi bakmoy. Rupanya mirip dengan nasi tim, jadi nasi putih diberi suwiran daging ayam yang dibumbui seperti semur. Selain itu, sate kambing tegal juga cukup disukai oleh masyarakat. Sate ini terbuat dari daging kambing muda. Biasanya berumur di bawah lima bulan, sehingga pada saat dimasak sangat empuk dan beraroma khas. Disajikan dengan kecap manis, irisan bawang merah, tomat, dan cabe rawit. Seporsi (10 tusuk) Rp 25.000.

Nasi Bogana dibandrol dengan Harga mulai dari Rp. 12.000 / porsi. Untuk bisa menikmati Nasi Bogana ini ada 2 tempat, yaitu di RM Sinar Pagi. Jl. A. Yani Kota Tegal dan Ny. Pan. Jl. Veteran, Gang Kong Kwan no.38 Kota Tegal.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Nasi Bogana Khas Tegal
Comments
Loading...